BLOG INI HANYA SEKEDAR SHARING DAN MENAMBAH PENGETAHUAN, LO MUNGKIN ADA KEKURANGAN MOHON UNTUK DIBETULKAN

Cara pasang Jaringan LAN

Untuk membangun sebuah jaringan LAN sendiri, dibutuhkan beberapa perlengkapan di antaranya:
  • Kabel UTP
  • Konektor RJ-45
  • Tang Crimping
  • Lan Tester
  • LAN Card
  • HUB/ Switch
Setelah Anda menyediakan beberapa perlengkapan tersebut, maka Anda selanjutnya bisa mengikuti langkah-langkah awal untuk memulai membangun sebuah jaringan berikut ini:
  1. Pertama-tama kupas terlebih dahulu kulit dari kabel UTP sepanjang 2 cm dan kemudian luruskan kabel-kabel tersebut dan urutkan warna sesuai dengan tipe jaringan. Potong ujung kabel menggunakan crimping agar kabel tersebut rata dan memudahkan untuk dimasukkan ke dalam konektor RJ45.
  2. Masukkan RJ45 kedalam slot crimping dan tekan.
  3. Lakukan pengkabelan, pengkabelan di sini terbagi menjadi dua tipe, yakni :
  • Pengkabelan tipe Cross: biasanya digunakan untuk PC PC, Hub/Swirch/Router Hub/Swirch/Router.
  • Pengakbelan tipe Straight: biasanya digunakan untuk jaringan yang menggunakan Hub/Swirch/Router.
  1. Setelah Anda melakkan pengkabelan secara benar, tancapkan konektor kabel UTP ke slot LAN Card, dengan rincian satu ke PC dan yang lain ke Hub. Kemudian lakukan pengaturan konfigurasi untuk Windows.
  2. Buka Control Panel => Network and Internet => Network Connections, lalu Anda akan melihat beberapa menu yang menunjukkan jumlah jaringan yang Anda miliki.
  3. Cari Local Area Connection 2, lalu klik kanan dan klik Properties.
  4. Nantinya Anda akan mendapatkan jendela baru yang berisi informasi dari Properties tadi. Lalu cari menu Internet Protocol (TCP/IP) dan klik dua kali pada tab This connection uses the following items:
  5. Lalu Anda akan mendapatkan sebuah jendela baru lagi, maka centang poin ke dua Use the following IP address, maka masukkan IP Address Anda menjadi: 192.168.1.1 untuk komputer kedua maka Anda tinggal mengubah menjadi 192.168.1.2 dan seterusnya.
  6. Lalu klik tombol OK setelah Anda selesai membuat pengaturan tersebut.
Untuk pilihan IP Address Anda juga bisa memilih Obtain an IP address automatically yang mana IP address Anda akan diatur secara otomatis oleh sistem. Maka setelah cara cara tersebut Anda lakukan, maka Anda bisa melakukan tes konkesi ke komputer lain. Jika yang ingin Anda tes merupakan komputer kedua, maka Anda bisa melakukan tes dengan cara buka menu Run dan masukkan ping 192.168.1.2 apabila Anda telah melakukan konfigurasi secara benar, maka Anda akan terhubung dan bisa Anda coba untuk membuka sebuah halaman website di internet. Apabila masih belum bisa terkoneksi, maka ada yang salah terhadap konfigurasi Anda, dan Anda bisa mencoba mengulangi konfigurasi kembali atau merubah IP address menjadi otomatis.

0 komentar:

Posting Komentar